NanoBlog

A blog about nanotech

Dye Solar Cell Commersialization

Menyambung tulisan seri komersialisasi nanoteknologi, kali ini akan dibahas mengenai komersialisasi dye sensitized solar cell (DSSC). Sel surya jenis ini menggunakan pewarna dengan TiO2 sebagai zat aktifnya seperti pada ulasan sebelumnya. Untuk lebih mudahnya, sel surya jenis ini akan saya singkat sebagai DSSC pada seluruh artikel ini.

Ada 3 perusahaan yang saya kenal mengembangkan DSSC ini yaitu Solaronix, Dyesol dan Solidea. Berikut akan saya ulas satu persatu:

1. (http://www.solaronix.ch)

Solaronix berlokasi di Aubonne dekat Lake Geneva-Swiss, didirikan oleh dua bersaudara kembar Andreas & Toby meyer pada tahun 1993. Solaronix aktif dalam pengembangan DSSC selain bahan kimia khusus seperti Ruthenium sensitizer (pewarna DSSC), larutan redox, pasta TiO2 dan juga display electrokromik. Dengan menggunakan teknologi screen printing yang murah, DSSC dapat dirakit melalui serangkaian proses antara lain substrate coating, substrate etching, screen printing, sintering dan staining. Dari serangkaian pengujian, perusahaan ini mampu membuat sel dengan effisiensi sebesar 10%.

2. Dyesol (www.dyesol.com)

Dyesol berbasis di Australia di Negara bagian New South Wales (NSW). Selain mengembangkan produk DSSC, perusahaan ini juga mengembangkan alat manufaktur dan analysis DSSC. Dyesol memegang paten modul DSSC yang berbentuk Tile sehingga dapat dengan mudah dipasang antar modulnya untuk mendapat luas permukaan yang lebih luas. Tidak ada informasi mengenai produk DSSC yang bias diperoleh dari homepage-nya, tetapi untuk patokan umum pada skala modul effisiensi DSSC pada kisaran 5%. Dyesol pada tahun 2005 sudah masuk Australian stock exchange (ASX) dengan code Dye.

3. www.solideas.com

Sol Idea adalah perusahaan konsultan yang bergerak pada pengembangan material optic dan semikonduktor optoelektronik oleh Greg P. Smestad, Ph.D. Penjualan DSSC hanya merupakan bagian dari divisi pendidikan yang berupa kit solar sel. Pada kit ini menggunakan pewarna alami dari buah berry dan digunakan untuk media pembelajaran yang berkaitan dengan biologi, kimia, fisika, lingkungan dan juga transfer electron. Kemampuan DSSC ini tidak akan bertahan dalam beberapa bulan. Karena berujud kit, masalah sealing menjadi masalah utama untuk penggunaan jangka panjang. Kalau anda tertarik dengan sel surya jenis ini, mungkin versi kit-nya akan sangat bermanfaat untuk media belajar.

October 8, 2008 - Posted by | Nano Business | , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: