NanoBlog

A blog about nanotech

Nanoteknologi, Pencipta Orang Kaya Baru Masa Depan

nanoteknologi1.jpg

Saat ini orang kaya dunia didonimasi oleh pengusaha dari bidang komputer dan internet. Di dekade yang akan datang, satu bidang baru telah datang yang akan membuat pelaku nya menjadi salah satu orang kaya dunia baru yaitu nanoteknologi. Nanoteknologi adalah bidang teknologi yang berkaitan dengan ukuran dibawah 100 nm. cakupannya dari material, film sampai devais. Tanpa kita sadari sebenarnya nanoteknologi telah kita jumpai diaplikasikan dalam kehidupan sehari2, yaitu teknologi mikroprosesor, i-pod, sun-screen dll. Mesin industri nano telah dan sedang berputar untuk menciptakan manusia-manusia super kaya di dekade yang akan datang. Pertanyaannya adalah apa nanoteknologi dan bagaimana kita ambil keuntungan dari nanoteknologi?. Pertanyaan-pertanyaan ini yang akan coba saya ulas sebagai berikut.

Seperti yang telah disebutkan diatas, nanoteknologi adalah teknologi yang berkaitan dengan ukuran dibawah 100 nm. Material atau struktur yang mempunyai ukuran nano akan mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda dengan material bulk-nya. Dari bagan diatas, nanopartikel akan mempengaruhi sifat-sifat material karena efek interface dan efek quantum mekanik. Efek interface yang mungkin terpengaruh seperti sifat konduktivitas termal, katalitik, kekuatan material, kemampuan untuk tahan api, anti-air, anti-karat dsb. Sedang efek quantum mekanik yang bisa diperoleh seperti sifat magnetik, sifat listrik dan juga sifat-sifat optiknya.

Bagaimana mengambil keuntungan dari nanoteknologi?. Kalo dilihat dari bagan diatas, nanoteknologi akan masuk dan membawa perubahan pada semua bidang mulai industri manufakturing, jasa, pendidikan dan juga bidang-bidang lain yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Apapun bidang anda, cobalah mulai melihat peluang untuk mulai mengintegrasikan nanoteknologi. Jangan tertinggal dan hanya menjadi konsumen dan penonton saja. Berikut adalah contoh pengintegrasian nanoteknologi pada berbagai bidang:

a. Penggunaan Titania dan Zinc Oxide nanopartikel pada cream anti UV.

b. Penggunaan perak nanopartikel untuk anti-mikrobial. Telah diintegrasikan pada produk samsung.

c. Penggunaan emas nanopartikel pada imaging medis dan tes-pack kehamilan.

d. Pemanfaatan katalis ceria untuk menghemat bahan bakar solar.

e. Pendirian jurusan Nanoteknologi diberbagai universitas dunia. http://en.wikipedia.org/wiki/Nanotechnology_education

dan masih banyak lagi. Kita mau mengambil peran dan mempunyai kesempatan menjadi miliarder baru masa depan atau menjadi penonton? terserah kita.

October 10, 2007 - Posted by | Nanotechnology | , , , , , , ,

28 Comments »

  1. mas trimaskh
    aku ambil nih buat bahan referensi

    Comment by Teguh Iman Prasetya | November 27, 2008 | Reply

  2. Monggo Mas.
    Dipakai saja.

    Comment by aguspur | December 1, 2008 | Reply

  3. Weleh-weleh, keren Ohm tulisannya! Moga bisa memperlebar wawasan generasi muda kita biar tetap semangat dalam berkarya. Ngomong-ngomong tinggalnya dimana nich? Biar kapan2 saya bisa main ke rumah, kebeneran saya juga masih kuliah di UMS ambil farmasi.

    Comment by kangnugros | December 23, 2008 | Reply

  4. Makasih sudah mampir diblog saya.
    Oh ya, saya sekarang masih tinggal di Jepang.
    Nanti kalo sudah aktif diSolo silakan mampir di jurusan saya.

    Comment by aguspur | December 29, 2008 | Reply

  5. mav,, ku jd sditik tertarik sama bidang nano-tek . . klu bole tnya,, dn kuliah yg menjurus ksana yah??
    mksh . .

    Comment by marsha | December 30, 2008 | Reply

  6. mksdnya dmn kul yg ad bidang nano-nya . . mksh

    Comment by marsha | December 30, 2008 | Reply

  7. Untuk jurusan nanoteknologi di Indonesia saat ini saya kira belum ada. Jadi kalau tertarik dengan nanoteknologi, anda bisa kuliah dijurusan-jurusan seperti kimia, fisika atau di teknik kimia. Tidak menutup kemungkinan jurusan lain mempunyai konsentrasi penelitian nanoteknologi, jadi akan lebih baik sebelum memilih jurusan yang dimaksud dilihat prospektus-nya dulu. Demikian dan sukses selalu untuk anda.

    Comment by aguspur | January 3, 2009 | Reply

  8. wah……
    jadi tertarik di dunia baru nanoteknologi nih…..
    makasih mas referensinyan….

    Comment by hatomi | January 13, 2009 | Reply

  9. Bagus dong kalo jadi tertarik. Berarti makin meriah nih bidang nanoteknologi di Indonesia. OK, sukses selalu untuk anda.

    Comment by aguspur | January 14, 2009 | Reply

  10. Ass, pak agus
    Saya nunggu tulisan-2 terbarunya, lho!
    Terahir di update pada November 2008, ya!
    Salam
    WS

    Comment by wahyudisutopo | February 27, 2009 | Reply

    • Iya nih pak, lama belum sempat up date lagi. Makasih lho mantau blog saya.

      Comment by aguspur | March 7, 2009 | Reply

  11. Mohon informasi, bisakah nanoteknologi diterapkan di bidang ilmu pertanian ? Atau bahkan sudah diaplikasikan.
    Terimakasih,
    Salam,
    ibrahim di bandung

    Comment by ibrahim danuwikarsa | March 25, 2009 | Reply

  12. Teruskan perjuangannya Pak dibidang Nanoteknologi bersama Pak Nurul Taufiqi Rochman agar bangsa kita tidak tertinggal dari bangsa lain, kembangkan dan ajarkan pada bangsa ini tentang ilmu tsb, thx

    Comment by APN | March 26, 2009 | Reply

  13. mas bisa bantu Tugas khusus ku gak?? aq bahas masalah bidang nano teknologi khusunya nanowire.. nah aq skrg bingung nih.. ada gak artikel yang proses pembuatan nanowire?? makasih ya sebelumnya. tolong dikirim kan ke email saya aja mas. makasih

    Comment by fandy | June 23, 2009 | Reply

  14. Mas,skrg kan lg gencar2x biogas.bz g biogas dr kotoran sapi dibuat nanotek.tlg kch tw penjelasanx lwt email saya y.sblmx makasih bnyk mas..

    Comment by Aya | October 14, 2009 | Reply

    • Mbak Aya. Terimakasih atas pertanyaannya. Nanoteknologi adalah teknologi yang berhubungan dengan materi berukuran nanometer. Jadi kebanyakan yang ditinjau adalah material padatan. Gas bukan domain dari nanoteknologi. Tetapi teknologi penyimpan gas bio sangat mungkin dengan menggunakan material nano.

      Comment by aguspur | January 29, 2010 | Reply

  15. pak, saya sangat tertarik dengan nanoteknologi dan tulisan bapak, terima kasih atas tulisanya ya karena saya gunakan sebagai refrensi dalam presentasi saya, kalau bisa di tambah lagi artikel tentang nanoteknologi, mungkin nanti saya menjadi tertarik untuk kuliah yang menuju bidang ini.

    Comment by reza | March 11, 2010 | Reply

    • Terimakasih atas apresiasinya. Memang mau konsisten nulis agak berat. Tapi akan saya coba disela-sela kesibukan saya. Sukses juga untuk anda.

      Comment by aguspur | May 4, 2010 | Reply

  16. terimakasih buat info nya,,
    saya dari unsri,palembang,,
    kami akan mengadakan seminar nasional tentang nanoteknologi,
    kami sekarang membutuhkan pemateri tentang nanoteknologi untuk seminar kami ini,,
    dimana saya bisa menghubungi bapak??
    no telpon / email????

    terima kasih,

    Comment by marta | March 15, 2010 | Reply

    • Terimakasih atas kunjungannya. Anda bisa menghubungi saya di aguspur@yahoo.com.

      Comment by aguspur | May 4, 2010 | Reply

  17. Bagaimana memanfaatkannya utk bidang properti pak?🙂
    Salam Dahsyat!

    Comment by Jenny | April 9, 2010 | Reply

    • Untuk bidang properti sebenarnya sudah diaplikasikan untuk cat, ada smart window dan sel surya. Kedepan akan semakin banyak material yang bisa diaplikasikan. Salam sukses juga.

      Comment by aguspur | May 4, 2010 | Reply

  18. Mas kalo mau nekunin di bidang nanoscience kuliah di jurusan fisika atau kimia?

    Comment by banagher | April 21, 2010 | Reply

    • Kalau mau nekunin nanoscience, ada beberapa jurusan yang bisa dimasuki. Fisika kalau tertarik dengan properti fisika nano. Kimia untuk synthesis dan properti kimianya. Sekarang ada grup riset di jurusan teknik kimia, mesin, elektro, biologi, kedokteran dan mungkin jurusan lain yang juga nekunin masalah nanoteknologi. Semoga sukses.

      Comment by aguspur | May 4, 2010 | Reply

  19. kalau pengen belajar nanoteknologi masuk aja teknik material

    Comment by Mayang Adista Putri | May 17, 2010 | Reply

  20. Pak, saya sangat tertarik dengan nanotech, sy mahasiswa IPB jurusan teknologi pangan. yang mau saya tanyakan bagaimana perkembangan nanotech di bidang pangan?dan contohnya ya pak..terimakasih

    Comment by Sari | May 24, 2010 | Reply

  21. pak agus, saya baru tahu nano 1 minggu ini. teknologi nano di indonesia di teliti oleh beberapa komunitas nano, dan sepertinya didukung oleh lipi…..
    saya akan email seterusnya. tolong dibalas.

    Comment by iwan | May 25, 2010 | Reply

    • Komunitas peneliti nano di Indonesia adalah Masyarakat Nanoteknologi Indonesia. Mas Iwan bisa cek homepage-nya.

      Comment by aguspur | July 21, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: